PENGGUNAAN METODE MONTESSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN di SLB TUNAS HARAPAN IV SUMOBITO JOMBANG

  • Aliffatihatus Solihah Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Murtadlo Murtadlo Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Anak tunagrahita ringan memiliki hambatan intelektual sehingga berdampak pada kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan metode Montessori untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan di SLB Tunas Harapan IV Sumobito Jombang. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian single subject research (SSR) atau penelitian dengan subjek tunggal menggunakan desain reversal dengan racangan penelitian A1-B-A2. Teknik pengumpulan data berupa observasi, yang dianalisis melalui statistik deskriptif eksperimen penelitian subjek tunggal. Hasil penelitian menunjukkan metode montessori dapat meningkatan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan. Hal tersebut ditunjukan dengan rata – rata hasil pengukuran pada fase baseline1 sebesar 32,6 % dibanding hasil pengukuran fase baseline 2 sebesar 45,6% yang dan peningkatan hasil pengukuran sebesar 13% pada kemampuan membaca permulaan subjek setelah pemberian intervensi. Berdasarkan hasil interpretasi metode montessori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan di SLB Tunas Harapan IV Sumobito Jombang.

Author Biographies

Aliffatihatus Solihah, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Murtadlo Murtadlo, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-16
Abstract View: 72