PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TUNAGRAHITA

  • Thaliah Intan Dwiprastiwi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Sujarwanto Sujarwanto Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji media gambar dalam kemampuan membaca anak tunagrahita. Metode yang digunakan sebagai desain yakni studi kepustakaan dengan pencarian 10 artikel di database melalui Google Scholar, Research Gate, Atlantis Press, JASSI, dan IJDS.Pengumpulan data diperoleh dengan prosedur pemilihan topik, eksplorasi informasi, menentukan fokus penelitian, pengumpulan sumber data, membaca sumber data, membuat catatan dan mengelolah catatan penelitian. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahap reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil kajian pada 10 artikel menunjukan bahwa media gambar dalam bentuk storyboard, komik, buku cerita, gambar berseri, dan big book dapat digunakan dalam membantu membaca anak tunagrahita. Simpulan dalam penelitian ini, bahwa media gambar berpotensi untuk membelajarkan membaca kata dan kalimat sederhana pada anak tunagrahita.

Author Biographies

Thaliah Intan Dwiprastiwi, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Sujarwanto Sujarwanto, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-16
Abstract View: 72