MODEL EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK KEMANDIRIAN ACTIVITY DAILY LIVING ANAK TUNAGRAHITA SEDANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model explicit instruction dalam kemandirian activity daily living anak tunagrahita sedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah litertur review dengan menggunakan sumber data yang terdiri dari 14 artikel yaitu 10 artikel nasionl dan 4 artikel internasional melalui Google Schoolar, Elsevier, dan SINTA. Prosedur penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode analisis isi dengan melakukan pengecekan kembali dari kutipan literatur review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model explicit instruction dengan langkah pembelajaran secara bertahap dan latihan secara terbimbing menunjang kemandirian activity daily living anak tunagrahita sedang. Dalam kemandirian activity daily living, meliputi membersihkan tempat tidur, membersihkan diri dan merapikan diri, memakai pakaian, makan dan minum, menjaga kebersihan lingkungan, dan menghindari diri dari bahaya. Simpulan kajian penelitian ini bahwa, model explicit instruction dengan pendampingan secara terstruktur menjadikan kemandirianactivity daily living anak tunagrahita sedang.
