enggunaan Media Video Animasi Dalam Kemampuan Bina Diri Menggosok Gigi Anak Tunagrahita

  • Adinda Azizah Dwinovi Cahyoningratri Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Mahmudah Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan media video animasi dalam kemampuan bina diri menggosok gigi anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode kajian literature review, yang mengkaji 12 jurnal diantaranya 3 jurnal internasional dan 9 jurnal nasional yang diakses dari Google Scholar, Science Direct, Elsevier, ERIC, dan Research Gate sebagai sumber data. Teknik analisis data ini menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil kajian penelitian ini menunjukkan bahwa media video animasi dalam kemampuan bina diri menggosok gigi anak tunagrahita, melalui langkah-langkah yang diawali memegang sikat gigi, mengoleskan pasta gigi ke atas sikat gigi, mengambil air pada gayung lalu berkumur, menggosok bagian depan gigi, menggosok bagian luar gigi, menggosok bagian atas gigi, menggosok bagian bawah gigi, menggosok bagian sela-sela gigi, membersihkan busa dengan berkumur, dan membersihkan sikat gigi yang telah digunakan. Kesimpulan kajian penelitian ini bahwa penggunaan media video animasi menggosok gigi berpotensi membantu dalam bina diri anak tunagrahita.

Author Biographies

Adinda Azizah Dwinovi Cahyoningratri, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Siti Mahmudah, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-16
Abstract View: 33