LITERATURE REVIEW: PEMANFAATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK PEMAHAMAN MATEMATIKA PADA SISWA SDLB TUNARUNGU

  • Tiananda Hestiningrum Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Masitoh Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan media video pembelajaran untuk pemahaman matematika pada siswa SDLB tunarungu. Metode penelitian yang digunakan adalah review literature dengan menggali artikel nasional dan internasional serta buku yang relevan sebagai sumber data yang dilakukan secara online maupun offline dalam rentang 10 tahun terakhir. Teknik analisis data dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil kajian penelitian ini menunjukkan pemanfaatan media video pembelajaran dalam YouTube menunjang siswa tunarungu dalam memahami soal matematika pengenalan materi bilangan penjumlahan dan pengurangan, nilai tempat satuan dan puluhan, bangun datar dan pecahan sederhana pada siswa SDLB kelas I-VI. Simpulan dalam kajian penelitian ini, bahwa pemanfaatan media video pembelajaran materi soal matematika yang inovatif menjadikan ketertarikan dalam pemahaman bagi siswa tunarungu.

Author Biographies

Tiananda Hestiningrum, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Siti Masitoh, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-16
Abstract Views: 104