METODE EXPLICIT INSTRUCTION DALAM KETERAMPILAN VOKASIONAL PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN

  • Rizki Amalia Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Mahmudah Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan metode explicit instruction dalam keterampilan vokasional peserta didik tunagrahita ringan. Metode yang digunakan Systematic Literature Review (SLR) yang mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengkaji data 15 literatur yang diperoleh melalui pencarian sumber data literatur secara online yaitu Google Scholar, Scopus, Garba Rujukan Digital, dan terakreditasi SINTA yang telah memenuhi kriteria. Teknik analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan reduksi data, penyajian data sampai penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan metode explicit instruction berperan penting pada peserta didik tunagrahita ringan dengan menekankan komponen utama untuk memfasilitasi pelaksanaan keterampilan vokasional yang meliputi (1) guru memfokuskan pada peserta didik, (2) chunking atau pembagian materi secara terstruktur, (3) partisipasi peserta didik dalam kegiatan keterampilan vokasional, (4) respon dan timbal balik positif peserta didik dalam menguasai keterampilan vokasional secara mandiri melalui penilaian autentik. Artinya bahwa metode explicit instruction yang terstruktur dapat membantu keterampilan vokasional pada peserta didik tunagrahita ringan.

Author Biographies

Rizki Amalia, Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Siti Mahmudah, Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-16
Abstract Views: 50