IMPLEMENTASI MEDIA LINGKUNGAN PERAIRAN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI LUAR KELAS BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU MATERI EKOSISTEM AIR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi media lingkungan perairan dalam pembelajaran IPA di luar kelas bagi peserta didik Tunarungu materi ekosistem air. Metode penelitian yang digunakan yaitu literature review dengan menganalisis 30 artikel dari jurnal internasional dan nasional menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil kajian literature review menunjukkan bahwa kolam, sungai, pantai, dan mangrove sebagai bentuk implementasi media lingkungan perairan dalam pembelajaran IPA di luar kelas bagi peserta didik Tunarungu materi ekosistem air. Proses pembelajaran materi ekosistem air dilakukan di luar kelas dengan memanfaatkan media lingkungan perairan untuk peserta didik Tunarungu. Simpulan kajian ini menunjukkan media lingkungan perairan dalam pembelajaran IPA di luar kelas bagi peserta didik Tunarungu memiliki kesamaan dari segi komponen yang ada di dalamnya. Dalam media lingkungan perairan terdapat komponen biotik dan abiotik yang terjadi hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya.
