TANTANGAN PENGASUHAN ANAK SPEKTRUM AUTISM: PERSEPSI ORANG TUA DI JAWA TIMUR

  • Rahma Nabila Aprilia Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Febrita Ardianingsih Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan pengasuhan anak spektrum austism. Jenis penelitian yaitu survei dengan desain cross sectional. Teknik pengumpulan data melalui pengisian kuesioner di Google Form yang disebarkan melalui Whatsapp. Jumlah responden terdiri dari 61 orang tua anak spektrum autism di Jawa Timur. Selanjutnya data penelitian dianalisis secara univariat menggunakan rumus interval persentase dengan korelasi Spearman. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan analisis statistik SPSS Versi 24 menggunakan korelasi Spearman. Uji instrumen diperoleh skor 0,329 dinyatakan valid dan nilai reliabilitas 0,823 > 0,70 dinyatakan reliabel. Perolehan hasil analisis data menunjukkan sebagian besar orang tua mendapatkan informasi tentang pengasuhan anak spektrum autism dari profesional dengan skor (89,18%), sebagian orang tua sudah mengimplementasikan pengasuhan anak spektrum autism sendiri dengan skor (66,23%), sebagian besar orang tua menunjukkan kesulitan dalam melatih kemandirian anak spektrum autism dengan skor (90,49%), sebagian besar orang tua mendapati tantangan fasilitas layanan pendidikan yang dirasa masih kurang dengan skor (82,30%) dan sebagian orang tua mengalami gangguan tidur diakibatkan pengasuhan anak spektrum autism dengan skor (65,57%). Interpretasi hasil penelitian signifikan untuk persepsi orang tua pada tantangan pengasuhan anak spektrum autism.

Author Biographies

Rahma Nabila Aprilia, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Febrita Ardianingsih, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-27
Abstract View: 19