Pengaruh Permainan Twister Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Anak Tunagrahita di SLB Fajar Harapan

  • Fikri Ramdani Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Mahmudah Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Anak tunagrahita yang mengalami hambatan kemampuan mengenal warna, membutuhkan media permainan. Permainan twister modifikasi sesuai kemampuan anak untuk mengenalkan konsep warna. Tujuan penelitian permainan twister modifikasi ini bisa meningkatkan kemampuan mengenal warna primer merah. Pendekatan penelitian ini adalah deskritif kuantitatif, dengan jenis Single Subject Research (SSR) dengan subjek tunggal menggunakan desain reversal dengan A1-B-A2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara, yang dianalisi menggunakan statistik deskriptif eksperimen penelitian subjek tunggal. Hasil penelitian menunjukkan media permainan twister modifikasi berpengaruh terhadap kemampuan mengenal warna primer merah. Ditunjukan dengan rentang frekuensi basline (A) dengan hasil 5-6 frekuensi, intervensi (B) menunjukkan hasil 8-9 frekuensi dan baseline (A2) dengan hasil 14-15 frekuensi. Persentase overlap tumpang tindih data sebesar 0%, artinynya menunjukan hasil intervensi media permainan twister modifikasi berpengaruh terhadap kemampuan mengenal warna anak tunagrahita di SLB Fajar Harapan Kebraon

Author Biographies

Fikri Ramdani, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Siti Mahmudah, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-28
Abstract View: 11