STUDI LITERATUR PERAN SERTA ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN SEKSUAL ANAK CEREBRAL PALSY

  • Virginia Viradita Salsabila Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Pudjiastuti Sartinah Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran serta orang tua dalam pendidikan seksual kepada anak cerebral palsy. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode studi literatur review dengan pengumpulan datanya diambil dari jurnal penelitian terindeks nasional maupun internasional. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam membantu guru untuk pendidikan seksual anak cerebal palsy, orang tua memiliki peran berupa mengenalkan nama, fungsi tubuh, jenis kelamin (perempuan dan laki-laki), menanamkan rasa malu serta menjaga tontonan pada anak cerebral palsy. Simpulan penelitian ini, jika orang tua memahami peran mereka pada pemberian pendidikan seksual anak, maka anak cerebral palsy akan mendapatkan pendidikan seksual yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Author Biographies

Virginia Viradita Salsabila, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Endang Pudjiastuti Sartinah, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-28
Abstract View: 16