AUGMENTED REALITY BERBASIS DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN KOMUNIKASI SOSIAL ANAK DENGAN SPEKTRUM AUTIS
Abstract
Era 4.0 Teknlogi digital yang dapat digunakan dalam pembelajaran komunikasi sosial pada anak dengan spektrum autis, salah satunya augmented reality. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan augmented reality berbasis digital dalam pembelajaran komunikasi sosial anak dengan spektrum autis. Metode penelitian yang digunakan melalui kajian literatur yang bersumber dari artikel jurnal internasional dan nasional yang ada di Google Scholar, Research Gate, Semantic Scholar, Science Direct, dan SINTA sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian literatur, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil kajian penelitian ini menunjukkan bahwa augmented reality berbasis digital melalui video mengenal benda-benda di sekitar menggunakan smartphone dengan prosedur : (1) membuka aplikasi dan mengarahkan layar pada anak, (2) muncul gambar benda dalam bentuk 3D dan video singkat seseorang mengajak berdialog anak terkait ciri-ciri benda yang ditampilkan, (3) Pemberian reinforcement, (4) Pengulangan, (5) Penilaian autentik. Simpulan penelitian ini bahwa, augmented reality berbasis digital dalam bentuk video pembelajaran komunikasi sosial berpotensi untuk membelajarkan anak dengan spektrum autis.