engaruh Permainan Twister Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Anak Tunagrahita di SLB Fajar Harapan
Abstract
Anak tunagrahita yang mengalami hambatan kemampuan mengenal warna, membutuhkan media permainan. Permainan twister modifikasi sesuai kemampuan anak untuk mengenalkan konsep warna. Tujuan penelitian permainan twister modifikasi ini bisa meningkatkan kemampuan mengenal warna primer merah. Pendekatan penelitian ini adalah deskritif kuantitatif, dengan jenis Single Subject Research (SSR) dengan subjek tunggal menggunakan desain reversal dengan A1-B-A2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara, yang dianalisi menggunakan statistik deskriptif eksperimen penelitian subjek tunggal. Hasil penelitian menunjukkan media permainan twister modifikasi berpengaruh terhadap kemampuan mengenal warna primer merah. Ditunjukan dengan rentang frekuensi basline (A) dengan hasil 5-6 frekuensi, intervensi (B) menunjukkan hasil 8-9 frekuensi dan baseline (A2) dengan hasil 14-15 frekuensi. Persentase overlap tumpang tindih data sebesar 0%, artinynya menunjukan hasil intervensi media permainan twister modifikasi berpengaruh terhadap kemampuan mengenal warna anak tunagrahita di SLB Fajar Harapan Kebraon.
Downloads
Published
Issue
Section
