PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK BELAJAR ANAK TUNARUNGU

  • Ayu Anggita Dwi Mulyani Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Purbaningrum Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penggunaan multimedia interaktif untuk belajar di bidang akademik anak tunarungu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi literatur dengan telaah kepustakaan pada jurnal nasional, jurnal internasional, maupun e-book secara online yang berkaitan dengan penelitian. Literatur dengan sumber data 15 jurnal dari pencarian data sekunder yang dilakukan menggunakan database sebagai berikut: Google Schoolar, Science and Technology Index (SINTA), Science Direct, Scopus dan Scientific Electronic Library Online(SciELO). Teknik analisis data diperoleh dari kajian literatur yang disusun sebagai acuan analisis dalam indikator penelitian. Hasil kajian data diperoleh penggunaan multimedia interaktif tersebut membantu siswa mendapat informasi dalam pembelajaran yang semula sebatas teori dikaitkan dengan kehidupan nyata yang terdapat pada fasilitas belajar berupa bantuan gambar, animasi, maupun realitas virtual (video). Pembelajaran anak tunarungu lebih bermakna, dan menambah kosakata bahasa isyarat anak tunarungu dengan bantuan visual pada aplikasi di dalam android yang mudah dibawa kemana saja. Penggunaan multimedia interaktif berpotensi mendorong keterampilan komunikasi anak tunarungu,. Simpulan penelitian kajian ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbentuk video akademik untuk belajar anak tunarungu.

Author Biographies

Ayu Anggita Dwi Mulyani, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Endang Purbaningrum, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-08-03
Abstract View: 25