SPEECH-LANGUAGE THERAPY DALAM INTERAKSI SOSIAL ANAK CEREBRAL PALSY DI LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA

  • Sabrina Juliandari S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Pudjiastuti Sartinah S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan speech-language therapy dalam interaksi sosial anak cerebral palsy di lingkungan teman sebaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode literature review dengan sepuluh artikel penelitian terdahulu didapat dari laman google schoolar, science direct, PubMed, dan z-library dengan kata kunci pencarian speech-language therapy dan interaksi sosial social interaction. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa speech-language therapy dapat meminimalisir kesulitan anak cerebral palsy dalam pola bermain dan berkomunikasi baik verbal maupun non verbal di lingkungan teman sebayanya. Simpulan penelitian ini diperoleh bahwa pola interaksi sosial dengan menggunakan layana speech-language therapy mengupayakan anak cerebral palsy dapat bermain dan berkomunikasi di lingkungan teman sebaya.

Author Biographies

Sabrina Juliandari, S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Endang Pudjiastuti Sartinah, S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-11-01
Abstract Views: 66