STUDI LITERATUR PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

  • Indra Herlanta S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Murtadlo Murtadlo S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tunagrahita ringan mengalami kesulitan dalam memahami terutama menggabungkan beberapa suku kata menjadi sebuah kata sederhana. Demikian, ketika mencoba membaca lebih dari dua suku kata, maka yang terbaca hanyalah suku kata awal saja. Perilaku belajar tersebut diakibatkan lemah daya tangkap karena tingkat kecerdasan dibawah rata-rata anak tunagrahita ringan. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan studi literatur penggunaan media permainan puzzle untuk kemampuan membaca pada anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menerapkan metode studi literatur dengan mengkaji berbagai temuan artikel yang terdapat di jurnal internasional bereputasi dan non bereputasi, jurnal nasional terindeks dan tanpa indeks, serta artikel yang terdapat di dalam google scholar. Kemudian artikel tersebut di analisis dengan menggunakan teknik kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian studi literatur menunjukan bahwa anak tunagrahita ringan dalam penggunaan media permainan puzzle yang tersusun dari kata, suku kata dan abjad, anak tunagrahita ringan mampu membaca melalui media permainan puzzle saat menyusun kata, suku kata dan abjad. Kesimpulannya bahwa anak tunagrahita ringan dengan menggunakan media permainan puzzle berpotensi adanya perubahan perilaku belajar membaca.

Author Biography

Indra Herlanta, S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-11-28
Abstract Views: 49