PENERAPAN TOKEN ECONOMIC DALAM MEMPERTAHANKAN ATENSI BELAJAR PADA ANAK DENGAN DISABILITAS AUTIS
Abstract
Atensi belajar merupakan aspek penting dalam pembelajaran, dengan adanya atensi proses transfer informasi maupun pembelajaran dapat diterima dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh token economic dalam mempertahankan atensi belajar pada anak dengan disabilitas autis. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif jenis penelitian SSR (Single Subject Research) menggunakan desain A-B. Subjek penelitian disabilitas autis berusia 12 tahun. Instrumen penelitian menggunakan teknik observasi. Analisis data menggunakan analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan stabilitas hasil data stabil dengan persentase 87.5%, garis kecenderungan arah serta jejak data mengalami peningkatan arah trend, level stabilitas menunjukkan rentang 120-140, level perubahan menujukkan tanda (+) diartikan terjadi peningkatan dan persentase overlap data menujukkan 0%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan token economic dalam mempertahankan atensi belajar pada anak dengan disabilitas autis. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah teknik token economic memiliki pengaruh terhadap peningkatan atensi belajar pada anak dengan disabilitas autis, selain itu semakin banyak pengetahuan yang akan didapatkan, mampu mengontrol kemampuan untuk merencanakan dan memberikan tindakan yang tepat.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

