PERAN PANTI ASUHAN MELALUI PENDIDIKAN KEAGAMAAN BAGI BONEK DI KABUPATEN SIDOARJO

Authors

  • Putra Achbar Yusnanda Universitas Negeri Surabaya
  • Sjafiatul Mardliyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap individu, masih banyaknya kekurangan
dalam pemerataan pendidikan di Indonesia menggerakkan lembaga sosial non pemerintah turut andil
dalam mengentaskan pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu demi mewujudkan masyarakat
yang berpendidikan. Salah satu Lembaga sosial itu adalah panti asuhan bonek. Tujuan penelitian untuk
mendeskripsikan peran pengelola panti asuhan melalui pendidikan keagamaan bagi bonek di Kabupaten
Sidoarjo, serta mendeskripsikan tentang faktor penghambat dan pendukung. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif, informan dalam penelitian ini adalah pengelola panti asuhan, dan anak
asuh panti asuhan bonek. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan display data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan pentingnya peran panti asuhan dalam menanamkan nilai kerohanian melalui pendidikan
keagamaan, dengan memberikan bimbingan kemandirian, pelayanan sosial, bimbingan fisik dan mental
bagi anak asuh. Sehingga diharapkan mampu membekali anak asuhnya dengan kebutuhan yang
dibutuhkan mereka. Faktor pendukung antara lain, sarana dan prasarana, pengurus atau pengelola yang
kompeten, serta pihak luar yang juga cukup berpengaruh. Faktor penghambat ialah, perbedaan jenjang
sekolah pada anak asuh, dan perbedaan pola asuh sebelumnya pada anak-anak tersebut, karena mereka
pun berasal dari latar belakang yang berbeda-beda.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-29

How to Cite

Yusnanda, P. A., & Mardliyah, S. (2020). PERAN PANTI ASUHAN MELALUI PENDIDIKAN KEAGAMAAN BAGI BONEK DI KABUPATEN SIDOARJO. J+PLUS UNESA, 9(2), 69–76. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42381
Abstract views: 62 , PDF Downloads: 58