Hubungan Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar Peserta Didik Paket C di SKB Mojoagung

  • Satrio Bagus Panggalih Universitas Negeri Surabaya
  • Sjafiatul Mardliyah Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Kesiapan belajar adalah tahap awal dari suatu kegiatan belajar yang mendorong seseorang untuk siap memberi tanggapan atau jawaban pada diri sendiri dengan cara tertentu menghadapai suatu kondisi dalam mencapai tujuan. Motivasi Belajar merupakan kemampuan yang dimiliki seorang peserta didik setelah menerima pengalaman belajar. Motivasi Belajar pada dasarnya adalah perubahan tingkah laku yang di dapat dari proses belajar. Terdapat motivasi belajar yang rendah terutama mata pelajaran UNPK pada peserta didik paket C SKB Mojoagung. Penelitian ini dilaksanakan di SKB Mojoagung secara offline dari target yang telah ditentukan oleh peneliti tercapai dengan menyesuaikan jadwal kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pendekatan ini data akan dianalisi secara kuantiatif dengan menggunakan sta untuk menguji hipotesis yang telah disiapkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan cross sectional. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kesiapan belajar dengan motivasi belajar. Artinya semakin besar motivasi belajar peserta didik dan kesiapan belajar maka peserta didik akan terdorong untuk merespon hal positif dalam proses belajar dan meningkatkan kemampuannya sehingga mempengaruhi hasil belajar untuk menjadi lebih baik.              Kesiapan belajar dan motivasi belajar memiliki hubungan positif dan signifikan. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05.

Diterbitkan
2023-06-26
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 12