PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN DARING ANAK JALANAN SLOW LEARNER DI UPTD KAMPUNG ANAK NEGERI KOTA SURABAYA

  • Novita Permatasari Universitas Negeri Surabaya
  • Sjafiatul Mardliyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Proses pembelajaran daring juga nampak pada kegiatan belajar anak jalanan di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kampung Anak Negeri kota Surabaya. Anak jalanan yang menjadi klien di UPTD KANRI terdapat beberapa anak yang teridentifikasi sebagai anak dengan masalah slow learner. Dengan keadaan tersebut, anak yang menyandang masalah lamban belajar akan mengalami kesulitan dalam memahami proses pembelajaran daring. Guna menjelaskan dan mendeskripsikan peran pekerja sosial dalam pembelajaran daring anak jalanan slow learner di UPTD KANRI penelitian ini dilakukan. Metode yang selama proses penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Unit Pelaksana Teknis Daerah Kampung Anak Negeri kota Surabaya. Pengumpulan informasi data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah pengumpulan informasi, data dianalisis melalui reduksi data, penyejian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Setelah tahapan tersebut data diuji keabsahannya dengan uji kredibilitas, uji transferbilitas, uji dependabilitas dan konfirmabilitas. Penelitian ini menunjukkan adanya peran pekerja sosial dalam pembelajaran daring dalam bentuk pendampingan selama proses pembelajaran berlangsung dan pengkondisian anak agar siap menerima pembelajaran. Selama proses pembelajaran daring anak jalanan slow learner pekerja sosial memiliki 3 peranan penting yakni peranan sebagai pembina akademik, peranan sebagai pengasuh, dan peranan sebagai instruktur bakat dan minat. Dengan adanya pembelajaran daring di masa covid-19 membuat pekerja sosial bertanggungjawab penuh dengan tugas maupun materi pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran baik kelas reguler maupun kelas inklusi.

Published
2021-07-29
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 164