Peran Tutor dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Program Paket B di PKBM Budi Utama

  • Dwi Hesti Ariani Universitas Negeri Surabaya
  • Sjafiatul Mardliyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran tutor dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat tutor dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di PKBM Budi Utama Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tenik pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi,dokumentasi, dan partisipan. Subjek penelitian berjumlah 6 orang, terdiri dari 1 Kepala PKBM Budi Utama, 1 Tutor Bahasa Indonesia Program Paket B PKBM Budi Utama, dan 4 Peserta Didik Program Paket B PKBM Budi Utama. Analisis data terdiri dari kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data terdiri dari kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas dan transferabilitas. Hasil penilitian ini yaitu peran tutor dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik sudah berjalan dengan baik diantaranya: 1) Tutor dapat memberikan umpan balik dengan peserta didik; 2) Tutor dapat menyampaikan materi dengan baik secara tatap muka maupun melalui media alat komunikasi; 3) Tutor dapat memberikan dukungan, bimbingan, motivasi, serta membantu peserta didik dalam mengembangkan keterampilan belajarnya. Faktor-faktor pendukung, yakni: 1) Sarana prasarana yang mendukung pembelajaran, 2) Suasana belajar yang nyaman dan kondusif, serta 3) Sumber daya manusia yang mendukung. Faktor-faktor penghambat, yakni: 1) Adanya peserta didik yang mengalami kesulitan membaca dan menulis, 2) Alat komunikasi gawai (HP) menjadi penghambat saat pembelajaran dilaksanakan secara daring, serta 3) Tutor kurang jelas saat menyampaikan materi pembelajaran.

Published
2022-07-08
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 102