STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN UNTUK MEMAJUKAN KEWIRAUSAHAAN KUE TRADISIONAL

  • Firdana Madinah Universitas Negeri Surabaya
  • Sjafiatul Mardliyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kewirausahaan merupakan permasalahan yang penting di dunia perekonomian dalam suatu negara berkembang. Peranan kelompok wirausahawan menentukan alur dari kemajuan dan kemundurannya ekonomi. Penggunaan strategi dalam berwirausaha merupakan hal yang sangat penting, terlebih lagi pada strategi pemasaran yang diterapkan para pengusaha agar bisa memperluas jangkauan suatu pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan strategi pengembangan pemasaran kewirausahaan kue tradisional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Boteng Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan wawancara mendalam (indepth interview) pada pemilik kewirausahaan kue tradisional dan 2 tenaga kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan pemasaran yang diterapkan adalah adanya sebuah promosi melalui media social serta memfokuskan pada produksi kue tradisional dengan cara memperhatikan konsistensi kualitas cita rasa dan harga yang sangat terjangkau serta distribusi. Adapun kendala yang dihadapi dalam melakukan pemasaran adalah adanya persaingan pengusaha yang sama menjual kue tradisional dan naik turunnya harga bahan baku.

Published
2021-12-01
Abstract Views: 180
PDF Downloads: 147