PERAN ORANG TUA SAAT MENDAMPINGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Indah Purwanti Universitas Negeri Surabaya
  • Sjafiatul Mardliyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda umat seluruh dunia memberi dampak pada segala sektor terutama sektor ekonomi dan pendidikan. Seperti pada umumnya pembelajaran dilakukan secara tatap muka akan tetapi saat ini pembelajaran diterapkan dengan sistem daring. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan secara mendetail perihal keefektifan peran yang dimiliki orang tua dalam membimbing anak mereka yang merupakan anak usia dini ditengah kondisi pandemi Covid-19 ini. Penelitian ini dilangsungkan pada orang tua yang berdomisili di RW 2 Karangpilang, Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuisioner yang diselenggarakan secara offline dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini terbukti bahwa mayoritas orang tua kurang efektif dalam menjalankan perannya dalam menggantikan posisi guru saat diterapkannya sistem pembelajaran daring seperti saat ini. Seperti ketika penerapan sistem belajar melalui daring, guru akan memberikan materi pembelajaran kepada orang tua, dan orang tua dapat mengajarkan pada anak dengan tambahan ide kreatif agar pembelajaran tersebut menarik bagi anak, dan jika materi yang disampaikan kepada anak dapat menarik perhatiannya, maka pembelajaran akan menjadi lebih efektif. Namun, masih banyak orang tua yang belum paham dengan perannya sebagai guru pertama bagi anak-anaknya.

Published
2021-10-16
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 33