PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK PKBM PERMATA BANGSA JALAN SEMOLOWARU INDAH II SURABAYA

Authors

  • Halim Qoribusyarif Universitas Negeri Surabaya
  • Maria Veronika Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidik harus lebih bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabanya dengan baik, jika dapat
mengantarkan siswa, hingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. peran tersebut menuntut guru
untuk memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam proses pembelajaran seperti penguasaan metode
pembelajaran, strategi pembelajaran, dan berkomunikasi. Salah satu metode yang diharapkan dapat
meningkatkan kemampuan anak dalam mengembangkan bahasa adalah penggunaan kartu flash atau
kartu bergambar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard
terhadap perkembangan bahasa anak kelompok B di TK PKBM Permata Bangsa Semolowaru Indah II
Surabaya. Metode yang digunakan adalah purposive sampling. Responden mana yang berfungsi melalui
metode observasi. Dalam menganalisis data ini, sebagai variabel bebas adalah bermain kartu Flash,
sedangkan variabel terikatnya adalah perkembangan bahasa. Dengan demikian dapat diketahui bahwa
hipotesis kerja yang diterima adalah Pengaruh Penggunaan Media Flashcard terhadap Perkembangan
Bahasa Anak B di TK PKBM Permata Bangsa Semolowaru Indah II Surabaya. Dari hasil peneliti pada
saat pengumpulan data, bahwa fenomena secara detail dapat dipahami dengan baik dan terlihat jelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-29

How to Cite

Qoribusyarif, H., & Roesminingsih, M. V. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK PKBM PERMATA BANGSA JALAN SEMOLOWARU INDAH II SURABAYA. J+PLUS UNESA, 9(2), 148–153. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42390
Abstract views: 77 , PDF Downloads: 69

Most read articles by the same author(s)