HUBUNGAN ANTARA PERAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA PEMBELAJARAN DARING DI SPNF SKB SIDOARJO KECAMATAN TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO

  • Misbachul Amin Universitas Negeri Surabaya
  • Maria Veronika Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Wabah  Covid-19 menyebabkan pemerintah menerbitkan kebijakan tentang pembelajaran secara daring. Pembelajaran secara daring dibutuhkan peran orang tua untuk meningkatkan motivasi belajar anaknya. Motivasi merupakan faktor penting dalam proses belajar-mengajar pada pembelajaran daring dengan motivasi dalam pembelajaran anak akan terdorong untuk melakukan suatu pembelajaran yang efektif. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui hubungan antara peran orang tua dengan motivasi belajar anak secara daring di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif  yang analisisnya menggunakan statistik dengan teknik korelasi product moment. Subjek penelitian ini adalah orang tua. Teknik pengumpulan data angket dengan  metode Skala Likert. Uji validitas dan reliabilitas dengan rumus SPSS 22.00 dengan taraf siginifikan sebesar 5%. Hasil penelitian dari analisis hubungan antara peran orang tua dengan motivasi belajar anak pada pembelajaran daring menunjukkan tingkat koefisien korelasi Variabel X yaitu hubungan antara peran orang tua dan Variabel Y motivasi belajar anak pada pembelajaran daring dengan signifikansi sebesar 0,05(p<0,05) dengan melakukan uji reliabilitas yang menghasilkan r hitung variabel X sebesar 0,589 dan 0,721 untuk variabel Y dimana r tabel sebesar 0,361, sehingga r hitung > r tabel terpenuhi. Artinya Ha dengan pernyataan adanya hubungan antara peran orang tua dengan motivasi belajar anak pada pembelajaran daring di SPNF SKB Sidoarjo diterima.

Published
2021-12-01
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 37