PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET B DI SKB KABUPATEN SIDOARJO

  • Shanti Khoiril Umami Universitas Negeri Surabaya
  • Maria Veronika Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pandemi Covid-19 tidak hanya dirasakan oleh penduduk Indonesia, namun hampir di seluruh penjuru dunia. Pemberlakuan kebijakan Pendidikan Jarak Jauh merupakan salah satu wujud implikasi dari pengaruh nyata Covid-19 yang memiliki dampak multidimensi. Metode pembelajaran yang dilakukan tentunya tetap menuntut tutor untuk dapat memberikan pengajaran yang baik dan juga efisien walaupun pembelajaran dilaksanakan di rumah masing-masing dengan memanfaatkan sejumlah platform sehingga interaksi antara tutor dan peserta didik dapat tetap terjalin. Pembelajaran daring tersebut menggunakan Platform melalui aplikasi WhatsApp dan Google Classroom. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini yakni guna mengkaji pembelajaran daring yang dilaksanakan di SKB Kabupaten Sidoarjo apakah sudah berjalan dengan baik. Subyek yang diambil adalah peserta didik kesetaraan Paket B dan Tutor Kesetaraan Paket B. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada peserta didik Kesetaraan Paket B dan kendala teknis yang dihadapi peserta didik Kesetaraan Paket B selama pembelajaran daring. Kemudian teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejauh ini peserta didik belum merasa puas dengan pembelajaran daring yang dilaksanakan. Hal tersebut dibuktikan dengan sejumlah kendala yang muncul selama pembelajaran daring.

Published
2021-07-29
Abstract Views: 110
PDF Downloads: 82