IMPLEMENTASI PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM PELATIHAN PRAMUWISATA UNTUK MENGEMBANGKAN DESA WISATA DI KAMPUNG LAWAS MASPATI SURABAYA

  • Derianti Fairus Mustain Universitas Negeri Surabaya
  • Suhanadji - Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Terdapat banyak kegiatan pelatihan yang belum menerapkan sebuah pendekatan
dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan penerapan
pendekatan andragogi pada proses pelatihan pramuwisata, hubungan tutor dengan
peserta pelatihan pramuwisata, faktor pendukung dan penghambat penerapan
andragogi dalam pelatihan pramuwisata, serta dampaknya terhadap perkembangan
desa wisata Kampung Lawas Maspati Surabaya. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu penyelenggara pelatihan,
tutor dan peserta pelatihan pramuwisata. Data dikumpulkan dengan metode
wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tahap
reduksi data, display data, verifikasi dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pelatihan pramuwisata dengan pendekatan andragogi sudah cukup baik.
Faktor pendukung pelatihan pramuwisata berupa ruang belajar yang nyaman, tutor
yang profesiona, proses pembelajaran 40% materi dan 60% praktik, serta penyesuaian
jadwal kegiatan. Sedangkan faktor penghambat yaitu kesibukan peserta didik
terhadap aktivitas kerja, lokasi pelatihan di pemukiman padat penduduk, serta
dampak dari pelatihan pramuwisata sebagai pengembangan desa wisata Kampung
Lawas Maspati Surabaya.

Published
2021-07-29