HOMESCHOOLING SEBAGAI ALTERNATIF PENDIDIKAN UNTUK ANAK TK DAN SD PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Yulia Eire Rima Melati Universitas Negeri Surabaya
  • Suhanadji - Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pandemi covid-19 menyebar ke berbagai dunia memberikan dampak signifikan terhadap bidang pendidikan.
Kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah untuk mencegah penyebaran covid-19. Proses pembelajaran yang
dilakukan di rumah melibatkan orang tua sebagai pendidik. Covid-19 tidak memberikan dampak yang besar
terhadap praktisi homeschooling tunggal, majemuk, maupun komunitas karena terbiasa terlibat dalam proses
pembelajaran anak secara penuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan orang tua yang
menjalankan homeschooling secara mandiri terhadap pembelajaran anak selama pandemi covid-19. Penelitian
ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Responden dalam penelitian sebanyak 50 orang tua yang
memilih menjalankan homeschooling secara mandiri tanpa menggunakan jasa lembaga homeschooling seperti
homeschooling Kak Seto, Primagama, Pena, dan lain-lain. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan
proporsional random sampling, serta analisis data dengan descriptive statics frequencies dan persentase. Uji
validitas menggunakan koefesien reprodusibilitas dan koefisien skalabilitas dan Uji reliabilitas menggunakan
Alfa Cronbach. Penelitian ini menujukkan hasil persentase rata-rata keterlibatan orang tua sebesar 71,7% yang
menunjukkan keterlibatan orang tua dalam homeschooling anaknya yaitu baik dan hasil persentase rata-rata
pada pembelajaran homeschooling sebesar 86,83% yang menunjukkan orang tua telah menerapkan sangat baik
dalam proses pembelajaran untuk anak homeschooling.

Published
2021-07-29