KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA ANAK USIA DINI DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PRAMBANGAN

  • PUTRI EPRILITA ARGATA Universitas Negeri Surabaya
  • Suhanadji - Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak pada seluruh tatanan kehidupan
manusia tidak terkecuali sektor pendidikan. Pemerintah Indonesia mengeluarkan
program School From Home. Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh terutama
pada anak usia dini sangat diperlukan keterlibatan orang tua di dalamnya guna
mendampingi agar proses pembelajaran tetap berlangsung sebagaimana mestinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlibatan orang tua dalam
pendampingan pembalajaran jarak jauh pada anak usia dini. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
keterlibatan orang tua dalam pendampingan pembelajaran jarak jauh pada anak usia
dini di TK Dharma Wanita Persatuan Prambangan termasuk sangat baik dengan
persentase 89,38%. Hal ini sesuai dengan banyaknya orang tua yang menjawab
selalu sebesar 58,65%, yang menjawab sering sebesar 19,96%. Bentuk keterlibatan
orang tua meliputi kegiatan pendidikan orang tua (parenting), komunikasi dengan
guru dan anak, kegiatan sukarelawan (voluntering) di sekolah, pembelajaran di
rumah, kegiatan kerjasama serta pengambilan keputusan

Published
2021-07-29