Pendekatan Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Daring di PKBM Budi Utama Surabaya
Abstract
Lembaga PKBM Budi Utama Surabaya merupakan lembaga pendidikan nonformal yang menyediakan program kejar paket A. Masa pandemi virus covid-19 yang sedang dialami masyarakat menyebabkan kebijakan pemerintah merubah aturan dengan membuat sistem belajar online.Mode konstruktivisme diterapkan pada pembelajaran daring. Pengelolahan kejar paket A yang dilakukan pada pembelajaran adalah serangkaian pengaturan untuk melatih kemandirian dan keterampilan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya proses pembelajaran online, faktor yang menghambat, menciptakan solusi dalam penyelesaiannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil data kemudian diuji keabsahan data meliputi uji kredibilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas, uji transferabilitas, selanjutnya dianalisis. Kesimpulan menyatakan bahwa adanya kekurangan dan kelebihan dalam melaksanakan pembelajaran daring. Sehingga dapat dinyatakan bahwa adanya proses pembelajaran daring di PKBM Budi Utama Surabaya menimbulkan dampak positif dan dampak negatif dalam pelaksanaannya.