PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI DI KAMPUNG BABATAN KECAMATAN WIYUNG KOTA SURABAYA

  • Olivia Inge Pradika Universitas Negeri Surabaya
  • Maria Veronica Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Peran orang tua sebagai guru 2) Peran orangtua sebagai motivator 3) Peran orangtua sebagai fasilitator 4) Peran orangtua sebagai director dalam penggunaan gadget pada anak usia dini. Pendekatan kualitatif diguanakan dalam penelitian ini. Metode kualitatif yang menguraikan suatu peristiwa yang terkait dengan fenomena bahwasannya proses pembelajaran saat ini mengharuskan untuk mengikuti perkembangan zaman dengan adanya menggunakan gadget serta dengan pendampingan orang tua. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia dini. Pengumpulan data menggunakan wawancara MENDALAM, observasi partisipatif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga tahap penelitian kualitatif berdasarkan Miles dan Huberman (2002) yang meliputi reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Peran orang tua sebagai guru dalam penggunaan gadget pada anak usia dini meliputi mendampingi anak bermain gadget, membimbing dalam pemilihan tema materi atau aplikasi yang ditonton. 2) Peran orangtua sebagai motivator dalam penggunaan gadget pada anak usia dini meliputi pemberian semangat ketika anak belajar sesuatu hal yang baru melalui aplikasi youtube dan reward pemberian jam tambahan bermain gadget. 3) Peran orangtua sebagai fasilitator dalam penggunaan gadget pada anak usia dini meliputi tersedianya koneksi wifi atau paket data dan handphone atau tablet. 4) Peran orangtua sebagai director dalam penggunaan gadget pada anak usia dini meliputi pengarahan anak dalam hal waktu bermain gadget, pemilihan konten dan aplikasi.

 

Published
2022-07-25
Abstract Views: 376
PDF Downloads: 162