IMPLEMENTASI PRINSIP ANDRAGOGI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK DI LKP SURABAYA HOTEL SCHOOL

  • Rizka Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • I Ketut Atmaja Jhony Artha Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi prinsip andragogi untuk peningkatan kompetensi peserta didik. Pendekatan penelitian ini kualitatif dimana dalam proses pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, prinsip andragogi diimplementasikan dalam pembelajaran dan kemudian implementasi prinsip andragogi dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki peserta didik dapat dilihat melalui 1) pengetahuan pemahaman materi seputar perhotelan secara detail dan sesuai dengan kondisi lapangan kerja, 2)keterampilan dalam melakukan praktek kerja dan penggunaan fasilitas yang disediakan, 3) sikap selama dikelas sebagai gambaran attitude bekerja. Prinsip andragogi yang diimplementasikan meliputi 1) konsep diri sebagai usaha tutor dalam membangun kesadaran peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran, 2) pengalaman yang dimiliki tutor dan peserta didik dielaborasikan kedalam proses pembelajaran sebagai bentuk sumber belajar dan hasil belajar,3) kesiapan belajaryang diberikan oleh tutor kepada peserta didik agar peseta didik secara mandiri mampu menyiapkan dirinya untuk mengikuti proses pembelajaran, 4) orientasi belajaryang diimplementasikan melalui usaha lembaga maupun tutor dalam memberikan fasilitias agar peserta didik memiliki gambaran dan juga motivasi belajar guna memenuhi tujuan belajar mereka yang mengarah kepada pemenuhan karir.

Published
2022-05-30
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 88