Implementasi Model Pembelajaran Teaching Factory Dalam Meningkatkan Kompetensi Belajar di Surabaya Hotel School

Authors

  • Putri Rahayu Universitas Negeri Surabaya
  • I Ketut Atmaja Jhony Artha Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Model pembelajaran teaching factory merupakan pendekatan inovatif yang mengintegrasikan pembelajaran teori di kelas dengan praktik langsung menyerupai industri. Tujuannya adalah menjembatani kesenjangan antara pendidikan dan kebutuhan industri dengan menciptakan suasana belajar yang menyerupai lingkungan kerja nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi teaching factory dalam meningkatkan kompetensi peserta didik di Surabaya Hotel School, khususnya keterampilan teknis (hard skills) dan non-teknis (soft skills). Menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model teaching factory telah diimplementasikan dengan baik melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Keberhasilan didukung oleh fasilitas yang memadai, keterlibatan aktif industri, serta partisipasi instruktur dan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Rahayu, P., & Artha, I. K. A. J. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Teaching Factory Dalam Meningkatkan Kompetensi Belajar di Surabaya Hotel School. J+PLUS UNESA, 14(1), 64–69. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/65852
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>