Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Tutor dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Belajar Peserta Didik Paket C di Homeschooling Kak Seto Surabaya

  • Sefti Dwi Alviyani Universitas Negeri Surabaya
  • I Ketut Atmaja Jhony Artha Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan mengenai penerapan Model Pembelajaran Interaktif Tutor dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik Paket C. 2) Mengkaji faktor pendukung. 3) Mengkaji faktor penghambat Penerapan Model Pembelajaran Interaktif dalam upaya meningkatkan partisipasi belajar peserta didik. Pendekatan dan jenis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan lokasi penelitian di Homeschooling Kak Seto Surabaya. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data penelitian ini yaitu kredibitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran interaktif Tutor dalam upaya meningkatkan partisipasi belajar peserta didik Paket C berjalan dengan baik, terbukti dari respon dan keantusiasan peserta didik sebelum dan sesudah sekolah di Homeschooling Kak Seto Surabaya. Faktor pendukung antara lain suasana kelas yang menyenangkan dan interaktif, kreativitas tutor dan sarana prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambat antara lain suasana hati yang buruk, kurangnya kepercayaan diri, rasa malas dan kendala jaringan.

Diterbitkan
2023-07-06
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 34