Implementasi Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kejar Paket B di PKBM Budi Utama Surabaya

  • Ajeng Jeanrica Tri Ambarliansyaputri Universitas Negeri Surabaya
  • I Ketut Atmaja Jhony Artha Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, mendeskripsikan, dan menganalisis manajemen pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik paket B di PKBM Budi Utama. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran di PKBM Budi Utama terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyusun RPP dan bahan ajar, mengidentifikasi kebutuhan belajar, dan merumuskan tujuan. Pengorganisasian pembelajaran dilakukan dengan memilih metode ajar yang tepat, alat bantu belajar sesuai dengan materi, mengatur besar kelas sesuai jumlah peserta didik, dan memilih strategi yang tepat untuk menyampaikan peraturan. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan memperkuat motivasi belajar peserta didik dan memilih strategi di segala umur. Pengawasan pembelajaran dilakukan dengan mengevaluasi system belajar dan mengukur hasil belajar. Dari manajemen pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Terbukti dengan adanya dorongan dan kebutuhan belajar dengan mencari tahu di internet dan mencatat, memiliki harapan dan cita-cita masa depan yang jelas, mendapatkan penghargaan dari tutor, dan memiliki kegiatan belajar yang menarik.

Diterbitkan
2023-07-06
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 63