IMPLEMENTASI METODE CERAMAH DAN TANYA JAWAB TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROGRAM KESETARAAN KEJAR PAKET C DI UPTD SPNF SKB SIDOARJO
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan antara lain untuk, 1) mendeskripsikan implementasi metode ceramah dan tanya jawab dalam pembelajaran kesetaraan kejar paket C. 2) mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. 3) faktor pendukung dan penghambat implementasi metode ceramah dan tanya jawab terhadap efektivitas pembelajaran program kesetaraan kejar paket C di SKB Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi tutor dan peserta didik kejar paket C. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) observasi, 2) wawancara mendalam, dan 3) dokumentasi sebagai sumber data yang dapat dipertanggung jawabkan keakuratannya. Analisis data dalam hasil penelitian menggunakan model analisis interaktif. Langkah-langkah tersebut adalah, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk keabsahan data dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas, uji dependabilitas dan uji transferabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode ceramah dan tanya jawab pada program kesetaraan kejar paket C di SKB Sidoarjo bisa diterapkan dengan baik dan memiliki efektivitas yang cukup dalam menjalankan proses pembelajaran. Karena dalam metode pengajaran tersebut dikombinasikan dengan metode yang cukup dibilang unik seperti kuis-kuis dan beberapa permainan yang dapat mengedukasi peserta didik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)