Implementasi Program Parenting Class dalam Menumbuhkan Keterampilan Pengasuhan Anak Usia Dini di Taman Posyandu (TAPOS) Sekartaji Desa Ketawang Kabupaten Kediri
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya dan implementasi program parenting class di Taman Posyandu (TAPOS) Sekartaji Desa Ketawang Kabupaten Kediri dalam menumbuhkan keterampilan pengasuhan kepada orang tua. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teori miles and huberman yaitu kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan Taman Posyandu (TAPOS) Sekartaji berhasil dalam menumbuhkan keterampilan pengasuhan bagi orang tua. Upaya yang diberikan TAPOS Sekartaji berupa motivasi dan dukungan serta penyediaan fasilitas yang lengkap selama pelaksanaan kegiatan dalam program Parenting Class. Orang tua wali murid TAPOS yang mengikuti program parenting class dapat meningkatkan keterampilan pengasuhan mereka dan termotivasi untuk terus mengikuti program serta mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan terkait dengan pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua dapat diatasi melalui program parenting class yang memberikan manfaat serta dampak positif dalam menumbuhkan pemahaman dan keterampilan orang tua terhadap pengasuhan anak usia dini.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

