PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PERUM KOMPLEK MARINIR KECAMATAN DUKUH PAKIS SURABAYA

  • Olif Prautami Hanami Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Yusuf Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Peran orang tua dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di perum komplek marinir jika sedang berada di rumah maupun di sekolah. Latar belakang penelitian ini didasari oleh keingintahuan penulis pada proses meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dan kurangnya peran orang tua. Penelitian ini memiliki tujuan antara lain : 1)Mendeskripsikan peran orang tua dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini, 2)Mengetahui kendala yang dialami peran orang tua dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Bahwa dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak sewaktu belajar dirumah mengalami respon yang positif, dimana: 1)kognitif anak dapat terasa dengan baik karena anak senang apabila orang tua mereka menerangkan dan menjelaskan dengan cara bermain; 2)Anak terlihat antusias dalam belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : 1.Wawancara, 2.Observasi, dan 3. Dokumentasi sebagai sumber data yang dapat dipertanggung jawabkan keakuratannya. Analisis data dengan langkah-langkah : 1.Reduksi data, 2.Penyajian data, dan 3. Kesimpulan. Untuk keabsahan data dalam penelitian ini adalah 1.Uji kredibilitas, 2.Uji dependibilitas, dan 3.Uji transferabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian orang tua juga belum mengerti mengenai kemampuan kognitif anak usia dini, dan kurangnya pemahaman materi oleh orang tua. Simpulan yang dapat diambil dari artikel ini bahwa peran orang tua dalam mengembangkan kognitif anak usia dini di Perum Komplek Marinir Kecamatan Dukuh Pakis Surabaya diantaranya, menggunakan media papan flannel untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini.

Published
2022-07-11
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 126