Penerapan Hands-On Learning dalam Upaya Menumbuhkan Keterampilan Dasar Menyablon Peserta Didik Program Kesetaraan Paket C di PKBM Tunas Harapan Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode Hands-On Learning dalam meningkatkan keterampilan dasar menyablon peserta didik Program Kesetaraan Paket C di PKBM Tunas Harapan Surabaya. Pendidikan non-formal memiliki peran penting dalam memberikan keterampilan vokasional yang aplikatif bagi peserta didik yang tidak dapat mengakses pendidikan formal. Hands-On Learning menjadi metode efektif karena menitikberatkan pada praktik langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan peserta didik dan tutor, serta analisis dokumentasi pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Hands-On Learning meningkatkan pemahaman dan keterampilan teknis peserta didik dalam menyablon. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa kendala, di antaranya rendahnya motivasi sebagian peserta didik yang telah bekerja dan keterbatasan durasi pelatihan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa metode Hands-On Learning berkontribusi positif dalam meningkatkan keterampilan menyablon peserta didik Paket C di PKBM Tunas Harapan Surabaya
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

