Implementasi Pembelajaran Berbasis Skill dan Daya Dukung Peserta Didik pada Kelompok Muatan Khusus Paket C SKB Gudo Jombang

  • Nailun Nusro Maulidia Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis skill dan daya dukung peserta didik dalam meningkatkan kompetensi yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil dan dampak dari implementasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitan berjumlah 5 yang terdiri dari kepala sekolah SKB Gudo Jombang, 2 koordinator penyelenggara program Paket C, dan 2 peserta didik Paket C. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analis yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu huberman dan miles yang melalui beberapa tahapan, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kemudian verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran berbasis skill dan daya dukung peserta didik terlaksana dengan baik, dan sistematis. Terdapat tahapan implementasi pembelajaran berbasis skill dan daya dukung, yaitu 1) Pada tahapan identifikasi, penyelenggara paket C SKB Gudo Jombang mengidentifikasi keterampilan dan daya dukung peserta didik, 2) Perumusan tujuan pembelajaran, pengembangan alat evaluasi, analisis tugas belajar dan identifikasi kemampuan siswa, serta penyusunan strategi pembelajaran. 3) Pelaksanaan pembelajaran, yang dipersiapkan pada proses ini adalah pengelolaan kelas, penyelenggaraan tes untuk memperoleh balikan mengenai penguasaan materi, 4) Evaluasi hasil program, menunjukkan dalam pembelajaran berbasis skill dan daya dukung peserta didik pada kelompok muatan khusus paket C SKB Gudo telah memenuhi taraf pencapaian tujuan pembelajaran dibuktikan dengan hasil tes peserta didik di TUK dan tutor paket C, metode dan teknik pembelajaran.

Published
2022-07-11
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 35