DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN GAWAI PADA ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KB AL FALAH DARUSSALAM TROPODO KABUPATEN SIDOARJO

  • Muhammad Yayang Putra Patrama Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Munculnya Covid-19 mengakibatkan sektor pendidikan merubah sistem pembelajaran yang semula tatap muka menjadi pembelajaran secara daring. Kini pemanfaatan teknologi sangat dibutuhkan dalam pembelajaran daring seperti gawai. Saat ini pengguna gawai diminati oleh semua kalangan dari orang dewasa hingga anak usia dini. Pada masa pandemi saat ini, penggunaan gawai pada anak sangat tinggi karena anak dalam proses belajar mengajar menggunakan gawai dan orang tua tidak memiliki alasan bagi anak untuk tidak menggunakan gawai sehingga penggunaan gawai tanpa disadari membuat penggunanya kecanduan dan berdampak negatif pada perkembangan anak yaitu anak semakin malas untuk menulis dan membaca mengakibatkan penurunan keterampilan sosial pada anak, anak cenderung bermain game online menyebabkan anak malas belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis dampak negatif penggunaan gawai pada anak dalam pembelajaran daring di Kelompok Bermain (KB) Al Falah Darussalam Tropodo Kabupaten Sidoarjo. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memiliki jumlah 15 informan terdiri dari orang tua. Penelitian ini menguji keabsahan data yang menggunakan teknik kreadibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan tranferabilitas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara mendalam,dan dokumentasi. analisis data, yaitu data collection, reduction, data dispay, verifikasi data, dan conclusion. Pada hasil penelitian ini telah terdapat dampak negatif penggunaan gawai pada anak dalam pembelajaran daring.

Published
2021-12-30
Abstract Views: 806
PDF Downloads: 629