KONTRIBUSI POLA ASUH ORANG TUA PADA KONSEP MERDEKA BELAJAR ANAK USIA 12-15 TAHUN DI ERA PANDEMIK COVID-19

  • Dewi Prastyawati Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Konsep merdeka belajar saat ini tengah menjadi akivitas seluruh peserta didik di Indonesia. Tidak hanya peserta didik yang berada di pendidikan non formal saja, namun pendidikan formalpun menggunakan konsep ini. Alasan utama yang mendasari konsep merdaka belajar adalah mewabahnya virus corona atau COVID-19. Konsep merdeka belajar akan berjalan dengan maksimal dengan adanya kontribusi orangtua peserta didik itu sendiri. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui  kontribusi pola asuh orang dalam pendidikan anak usia 12-15 tahun dan untuk ntuk mengetahui kontribusi pola asuh orang tua anak usia 12-15 tahun dalam pelaksanaan konsep merdeka belajar di era pandemik COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi parsial. Populasi penilitian adalah anak usia 12-15 tahun .Teknik sampling yang digunakan adalah area sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan kuisioner dan pengolahan data menggunakan bantuan perangkat lunak pengolah data statistk. Berdasarkan hasil penelitian analisis data variabel pola asuh dan konsep merdeka belajar memliki hubungan yang positif, karena diperoleh (0,514 > 0,05). Hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh dengan konsep merdeka belajar tanpa adanya variabel kontrol (usia), karena diperoleh (0,003 < 0,005). hubungan antara pola asuh dengan konsep merdeka nelajar dengan usia sebagai variabel kontrol adalah signifikan atau memliki hubungan yang positif, karena diperoleh (0,003 < 0,05).

Published
2021-07-29
Abstract Views: 127
PDF Downloads: 87