HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN GAYA BELAJAR DI RUMAH PADA ANAK USIA DINI DI PAUD FASTABAQUL KHOIRAT SAMBENG

  • Sindy Indayani Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Gaya belajar atau modalitas belajar ialah teknik belajar yang paling disukai anak. Gaya belajar
sangat penting dipahami oleh orang tua. Sebab setiap individu mempunyai gaya belajar berbeda.
Perbedaan gaya belajar yang dialami setiap anak dapat dipengaruhi oleh berbagai macam hal,
salah satunya ialah penerapan pola asuh orang tua yang berbeda. Mengenal dan memahami gaya
belajar anak, akan mempermudah orang tua dalam mendampingi belajar di rumah. Penelitian ini
dibuat dengan tujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan gaya belajar di
rumah pada Anak Usia Dini di PAUD Fastabaqul Khoirat Sambeng. Penelitian ini menggunakan
penelitian kuantitatif yang analisisnya menggunakan statistika dengan teknik analisis data korelasi
product moment. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 30 orang tua dari peserta didik PAUD
Fastabaqul Khoirat Sambeng. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan skala
likert. Uji validitas dan reabilitas dengan rumus pada SPSS 24.00 dengan tingkat kesalahan atau
taraf signifikansi 5%. Uji normalitas dengan rumus Kolmogorov-smimov dan linieritas dengan
signifikansi kurang dari 0,05% di spss 24.00. Selanjutnya uji hipotesis dengan statistic inferensial
dengan rumus Korelasi Pearson Produk Moment. Hasil dari analisis antara pola asuh orang tua
dengan gaya belajar di rumah menunjukkan bahwa tingkat koefisien korelasi sebesar 0,651, dengan
signifikansi sebesar 0,05 (p<0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang
signifikan antara pola asuh orang tua dengan gaya belajar di rumah pada Anak Usia Dini.

Published
2021-07-29
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 51