Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Tanggung Jawab Belajar Peserta Didik pada Program Kesetaraan Paket A di Sanggar Kegiatan Belajar Gudo Jombang

  • M. Mauludin Anshori Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Program kesetaraan merupakan bagian dari pendidikan nonformal yang ditujukan kepada masyarakat yang tidak berkesempatan mengenyam pendidikan formal dengan pilihan program paket A, B, dan paket C. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dengan tanggung jawab belajar peserta didik pada program kesetaraan paket A di Sanggar Kegiatan Belajar Gudo. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan skala likert.  Populasi pada penelitian ni diambil dari peserta didik kesetaraan paket A berjumlah 44. Uji validitas dan reliabilitas memakai bantuan software analisis data dengan tingkat kesalahan 5%. Uji normalitas dengan rumus Kolmogorov-Smirnov dan linieritas dengan nilai signifikan kurang dari 0,05. Analisa data pada penelitian ini memakai regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi yang diperoleh Y= 8,654+0,924X yang menyatakan bahwa penambahan 8% nilai kemandirian belajar maka tanggung jawab belajar akan bertambah 0,924. Uji hipotesis pada penelitian ini memakai uji parsial (uji-t) yang diketahui nilai t hitung 12,230 > t tabel 2,019 dan hasil nilai signifikan 0,00<0,05, maka dari data tersebut bisa diberi kesimpulan kemandirian belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tanggung jawab belajar.

Published
2022-06-02
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 65