KORELASI ANTARA MINAT BACA DENGAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI PESERTA DIDIK PAKET B DI SKB GUDO JOMBANG

  • Lita Nahwatul Ilmiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Data statistik UNESCO, Indonesia menempati urutan ke-60 dari 61 negara dengan tingkat literasi rendah. Masalah literasi rendah juga dialami oleh peserta didik Paket B di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gudo Jombang. Peserta didik memiliki minat baca yang kurang sehingga berdampak pada kemampuan literasinya. Seperti contoh ketika peserta didik diberikan pertanyaan yang mudah mereka belum bisa menjawab karena tidak ada kemauan untuk membaca dan ketika diperintahkan untuk membaca peserta didik banyak yang mengeluh karena malas. Sebagai upaya meningkatkan kualitas minat baca dan literasi informasi SKB Gudo mendirikan pojok literasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui korelasi variabel minat baca dengan variabel kemampuan literasi informasi yang merupakan jenis literasi dasar bagi peserta didik. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif statistik korelasional. Analisis data menggunakan Product Moment yang mengkorelasikan variabel X (Minat Baca) dengan variabel Y (Kemampuan Literasi Informasi). Subjek penelitian berjumlah 41 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui angket, observasi, dan studi dokumentasi yang dilakukan selama 5 bulan. Uji validitas menggunakan SPSS 16.00. Melalui Uji Korelasi dapat diperoleh r hitung 0,643>r tabel 0,308 dengan signifikansi 5% maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara minat baca dengan kemampuan literasi informasi.

Published
2022-05-09
Abstract Views: 149
PDF Downloads: 116