STRATEGI PROMOSI PROGRAM PELATIHAN BARISTA DALAM MENINGKATKAN ANIMO PESERTA DIDIK BARU PAKET C DI PKBM BUDI UTAMA SURABAYA
Abstract
Pelatihan barista merupakan program dari hasil inovasi yang dilakukan oleh pihak PKBM budi utama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi strategi promosi melalui pelatihan barista dalam meningkatkan animo peserta didik baru paket C. Pendekatan secara deskriptif kualitatif. pengambilan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan narasumber ketua PKBM budi utama, dua tenaga pendidik, warga belajar C. Berdasarkan temuan fokus pertama strategi promosi melalui pelatihan barista dalam meningkatkan animo peserta didik baru paket C diantaranya menganalisis peluang barista pada warga belajar, visi dan misi jelas, memfokuskan target peminat, penggunaan media sosial, melakukan kolaborasi dan bermitra dengan tenaga ahli di dunia barista, terakhir melakukan sertifikasi kelulusan. faktor pendukung temuan diperoleh tingginya minat paket C, kredibilitas yang baik, program bervariasi, kebutuhan biaya terjangkau, kemudahan sistem pembelajaran. Sementara faktor hambatan yaitu rendahnya wawasan biji kopi, kurangnya fasilitas kopi lebih lengkap, kurangnya kerja sama dengan industri kopi, adanya pesaing, kegiatan hanya dilakukan secara tatap muka.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2025-01-19 (2)
- 2025-01-07 (1)
How to Cite
Issue
Section

