Penerapan Hands-On Learning dalam Upaya Menumbuhkan Keterampilan Dasar Menyablon Peserta Didik Program Kesetaraan Paket C di PKBM Tunas Harapan Surabaya

Authors

  • Annisya Aini Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode Hands-On Learning dalam meningkatkan keterampilan dasar menyablon peserta didik Program Kesetaraan Paket C di PKBM Tunas Harapan Surabaya. Pendidikan non-formal memiliki peran penting dalam memberikan keterampilan vokasional yang aplikatif bagi peserta didik yang tidak dapat mengakses pendidikan formal. Hands-On Learning menjadi metode efektif karena menitikberatkan pada praktik langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan peserta didik dan tutor, serta analisis dokumentasi pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Hands-On Learning meningkatkan pemahaman dan keterampilan teknis peserta didik dalam menyablon. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa kendala, di antaranya rendahnya motivasi sebagian peserta didik yang telah bekerja dan keterbatasan durasi pelatihan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa metode Hands-On Learning berkontribusi positif dalam meningkatkan keterampilan menyablon peserta didik Paket C di PKBM Tunas Harapan Surabaya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-24

How to Cite

Aini, A., & Nugroho, R. (2025). Penerapan Hands-On Learning dalam Upaya Menumbuhkan Keterampilan Dasar Menyablon Peserta Didik Program Kesetaraan Paket C di PKBM Tunas Harapan Surabaya . J+PLUS UNESA, 14(1), 101–111. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/66581
Abstract views: 56 , PDF Downloads: 47

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>