Implementasi Program Friday Class sebagai Pengembangan Vocational Skills Peserta Didik Paket A di Homeschooling Kak Seto Surabaya

Authors

  • Safa Kamila Putri Safa Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses implementasi program Friday Class menggunakan prinsip manajemen POAC (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan) untuk mengembangkan vocational skill siswa Paket A. Fokus penelitian mencakup pengenalan peralatan dan bahan, pengerjaan cepat, tepat, akurat, serta penguasaan kompetensi dan keterampilan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan analisis berupa pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Friday Class telah berjalan cukup maksimal, namun masih perlu perbaikan untuk keberlanjutan di masa depan. Faktor pendukungnya meliputi kualitas sumber daya manusia yang unggul dan fasilitas yang memadai. Sementara itu, faktor penghambatnya adalah rendahnya disiplin peserta, keterbatasan bahan atau peralatan, serta alokasi waktu yang belum efisien. Implementasi ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan lebih lanjut dalam meningkatkan keterampilan vokasional siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-19

How to Cite

Safa, S. K. P., & Nugroho, R. (2025). Implementasi Program Friday Class sebagai Pengembangan Vocational Skills Peserta Didik Paket A di Homeschooling Kak Seto Surabaya. J+PLUS UNESA, 14(1), 21–45. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/65609
Abstract views: 59 , PDF Downloads: 31

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>