Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang Paket C Reguler Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Peserta Didik Sanggar Keguatan Belajar Gudo Kabupaten Jombang
Abstract
Kurikulum berperan penting dalam menentukan arah pendidikan suatu bangsa. Kurikulum ini menekankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, memberikan fleksibilitas dalam proses belajar, serta mengakomodasi keberagaman karakteristik individu. Melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran diferensiasi, dan asesmen formatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka di jenjang Paket C reguler pada Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gudo Kabupaten Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka di SKB Gudo memberikan dampak positif terhadap peningkatan prestasi akademik peserta didik. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan dalam implementasi, seperti keterbatasan sumber daya, kesiapan pendidik, serta variasi latar belakang peserta didik yang beragam. Oleh karena itu, keberhasilan Kurikulum Merdeka membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, pengelola Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), serta masyarakat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

