Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang Paket C Reguler Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Peserta Didik Sanggar Keguatan Belajar Gudo Kabupaten Jombang

Authors

  • Melisa Dwi Agustina Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kurikulum berperan penting dalam menentukan arah pendidikan suatu bangsa. Kurikulum ini menekankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, memberikan fleksibilitas dalam proses belajar, serta mengakomodasi keberagaman karakteristik individu. Melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran diferensiasi, dan asesmen formatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka di jenjang Paket C reguler pada Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gudo Kabupaten Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka di SKB Gudo memberikan dampak positif terhadap peningkatan prestasi akademik peserta didik. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan dalam implementasi, seperti keterbatasan sumber daya, kesiapan pendidik, serta variasi latar belakang peserta didik yang beragam. Oleh karena itu, keberhasilan Kurikulum Merdeka membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, pengelola Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), serta masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rivo Nugroho, Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Merdeka, Implementasi, dan Prestasi Akademik

Downloads

Published

2025-05-09

How to Cite

Agustina, M. D., & Nugroho, R. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang Paket C Reguler Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Peserta Didik Sanggar Keguatan Belajar Gudo Kabupaten Jombang. J+PLUS UNESA, 14(1), 142–151. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/67163
Abstract views: 32 , PDF Downloads: 42

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>