KEPUASAN ORANG TUA PADA PROGRAM PARENTING DALAM JARINGAN DI PAUD KHADIJAH WONOREJO

  • DEWI NOVITA SARI Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Salah satu jenjang pendidikan yang terdampak pada masa pandemi covid-19 adalah
pendidikan anak usia dini (PAUD), yang harus dilaksanakan secara dalam jaringan
(daring). Dalam pembelajaran siswa PAUD tidak dapat melaksanakannya secara mandiri,
mereka membutuhkan keterlibatan orang tua sebagai pendamping. Sehingga, dibutuhkan
kerjasama yang baik antara lembaga PAUD dengan orang tua, untuk itu dibutuhkan
program parenting daring. Pada program parenting daring kualitas layanan harus baik agar
memberikan kepuasan yang maksimal untuk orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kepuasan orang tua pada program parenting daring. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei deskriptif dengan teknik analisis
Wilcoxon Signed Rank Test. Responden penelitian ini adalah orang tua siswa PAUD
Khadijah Wonorejo berjumlah 14 orang tua. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan
orang tua PAUD Khadijah Wonorejo pada program parenting daring dimensi assurance
(jaminan), emphaty (empati), dan responsivenes (ketanggapan) adalah puas karena semua
indikator memiliki taraf signifikasi > 0,05 sehingga 𝐻0 diterima. Pada dimensi tangiable
(bukti fisik) orang tua tidak puas dibuktikan dengan dari 8 indikator, 6 indikator memiliki
taraf signifikasi < 0,05 sehingga 𝐻1 diterima. Pada dimensi reability (keandalan) puas
karena semua indikator memiliki taraf signifikasi > 0,05 sehingga pada dimensi ini orang
tua puas dan terdapat satu indikator yang sangat puas.

Published
2021-07-29