PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL PADA ANAK KECENDERUNGAN PASIF DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PERLINDUNGAN DAN PELAYANAN SOSIAL PETIRAHAN ANAK (UPT PPSPA) BATU

  • Zulia Habib Maulidah Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pekerja sosial untuk meningkatkan keterampilan
interpersonal anak. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil dari
peneltian, bahwa peran pekerja sosial yaitu mendampingi, mengarahkan dan membimbing anak dalam
mengembangkan keterampilan iterpersonalnya pada anak kecenderungan pasif. Keterampilan
interpersonal yaitu keterampilan yang dimiliki oleh sesorang untuk menggali dan merespon secara layak
perasaan, sikap dan perilaku, motivasi serta keinginan orang lain. Manfaat dari keterampilan
interpersonal yaitu memberikan keuntungan bagi seseorang dalam dalam menjalani kehidupan seharihari.
Dalam proses mengembangkan keterampilan interpersonal anak, pekerja sosial memberikan
layanan bimbingan sosial pada anak dalam kurun waktu 25 hari. Hasil dari penelitian ini, bahwa proses
meningkatkan keterampilan interpersonal pada anak kecenderungan pasif melalui berbagai cara, seperti
metode role playing, menjadikan klien sebagai kelompok kerja,memberlakukan reward dan punishment,
memberikan rangsangan supaya klien berani mengungkapkan pendapatnya.

Published
2020-12-29
Abstract Views: 41